Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar matematika siswa dengan strategi kooperatif tipe Think- Pair-Share pada siswa kelas XI OC SMK Harapan Kartasura. Desain penelitian ini adlaah penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas XI OC berperan sebagai subyek pemberi tindakan, peneliti sebagai observer, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator kemampuan dan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator kemampuan komunikasi, yaitu: (1) Berbicara mengeluarkan ide atau gagasan, pra siklus 25%, siklus I 50%, siklus II 67,85%. (2) Menulis konsep matematika, pra siklus 53,57%, siklus I 67,85%, siklus II 82,14%. (3) Menjelaskan konsep matematika, pra siklus 32,14%, siklus I 53,71%, siklus II 85,71%. Indikator keaktifan siswa, yaitu: (1)Mempresentasikan hasil didkusi, pra siklus 17,85%, siklus I 35,71%, siklus II 72, 14%. (2) Mengajukan pertanyaan, pra siklus 21,42%, siklus I 25%, siklus II 78,57%. (3) Mengerjakan soal di depan kelas, pra siklus 28,57%, siklus I 46,42%, siklus Ii 72,42%. Berdasarkan uraian yang dikemukakan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar matematika.