Pengaruh Aktivitas Mengikuti Ekstrakurikuler Dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv B Di Sd Muhammadiyah 16 Karangasem Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | MARTANI, ANISA ANGGO |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/33017/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/33017/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/33017/3/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/33017/4/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/33017/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/33017/6/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/33017/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/33017/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/33017/12/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/33017/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui ada tidaknya pengaruh aktivitas mengikuti ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar, 2)Mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap prestasi belajar, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh antara aktivitas mengikuti ekstrakurikuler dan fasilitas pembelajaran terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptifkuantitatif. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 16 Karangasem tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier ganda, uji t, uji F, uji determinasi, SR( Sumbangan Relatif), dan SE(Sumbangan Efektif. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada pengaruh dari aktivitas mengikuti ekstrakurikuler dan fasilitas pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, persamaan regresi Y= 66,465 + 0,06X1 + 0,203X2, dimana signifikansinya pengaruh tersebut ditunjukkan oleh Fhitung (0,426) > F tabel (3,32), (2) tidak ada pengaruh yang signifikansi dari aktivitas mengikuti ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan t hitung (0,108) > t tabel(2,042), (3) tidak ada pengaruh signifikansi fasilitas pembalajaran terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan t hitung (0,766) > t tabel(2,042), (4) antara variabel aktivitas mengikuti ekstrakurikuler dan fasilitas pembelajaran lebih dominan variabel fasilitas pembelajaran. Ditunjukkan dengan SR aktivitas mengikuti ekstrakurikuler (31%) < SR fasilitas pembelajaran (69%), SE aktivitas mengikuti ekstrakurikuler (0,9%) < SE fasilitas pembelajaran (1,9%).