Penerapan Student – Generated Questions Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Tentang Materi Peluang Pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Kartasura
Main Author: | QOTIMAH, DEWI RATIH QUSNUL |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/32975/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32975/2/BAB%201.pdf http://eprints.ums.ac.id/32975/3/BAB%202.pdf http://eprints.ums.ac.id/32975/4/BAB%203.pdf http://eprints.ums.ac.id/32975/6/BAB%204.pdf http://eprints.ums.ac.id/32975/14/BAB%205.pdf http://eprints.ums.ac.id/32975/15/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/32975/16/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/32975/17/ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/32975/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui Student-Generated Question pada siswa kelas XI IPA 5 semester genap SMA Negeri 1 Kartasura tahun 2014/2015. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Guru matematika dan peneliti bertindak sebagai subjek pemberi tindakan kelas. Sedangkan objek penelitian penerima tindakan kelas adalah 38 siswa kelas XI IPA 5 semester genap tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari 3 alur kegiatan berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematis: (1) Kemampuan membuat pertanyaan matematika secara tertulis sebelum tindakan 13,158%, siklus I 26,316% dan siklus II 73,648%, (2) Kemampuan menyelesaikan permasalahan matematika secara tertulis sebelum tindakan 52,632%, siklus I 71,053% dan siklus II 89,474%, (3) Kemampuan mengajukan pertanyaan secara lisan sebelum tindakan 18,421%, siklus I 47,368% dan siklus II 60,526%, (4) Kemampuan menjawab pertanyaan matematika secara lisan sebelum tindakan 26,316%, siklus I 50% dan siklus II 78,947%, (5) Kemampuan mempresentasikan sebelum tindakan 13,158%, siklus I 31,579% dan siklus II 63,158%. Terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan Student-Generated Question.