Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui Student-Generated Question pada siswa kelas XI IPA 5 semester genap SMA Negeri 1 Kartasura tahun 2014/2015. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Guru matematika dan peneliti bertindak sebagai subjek pemberi tindakan kelas. Sedangkan objek penelitian penerima tindakan kelas adalah 38 siswa kelas XI IPA 5 semester genap tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari 3 alur kegiatan berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematis: (1) Kemampuan membuat pertanyaan matematika secara tertulis sebelum tindakan 13,158%, siklus I 26,316% dan siklus II 73,648%, (2) Kemampuan menyelesaikan permasalahan matematika secara tertulis sebelum tindakan 52,632%, siklus I 71,053% dan siklus II 89,474%, (3) Kemampuan mengajukan pertanyaan secara lisan sebelum tindakan 18,421%, siklus I 47,368% dan siklus II 60,526%, (4) Kemampuan menjawab pertanyaan matematika secara lisan sebelum tindakan 26,316%, siklus I 50% dan siklus II 78,947%, (5) Kemampuan mempresentasikan sebelum tindakan 13,158%, siklus I 31,579% dan siklus II 63,158%. Terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan Student-Generated Question.