Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Hidayati, Eny |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/32968/1/HALAMANDEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/3/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/4/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/11/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/13/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/15/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/ |
ctrlnum |
32968 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/32968/</relation><title>Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu
Tahun Ajaran 2014/2015</title><creator>Hidayati, Eny</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar, (2) hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar, dan (3) hubungan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 190 siswa dengan sampel
sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) ada
hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu nilai (0,276) > (0,176) dan taraf Sig. < 0,05 yaitu 0,002. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan (2) ada hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu nilai (0,275,) > (0,176) dan taraf sig. < 0,05 yaitu 0,002. Berarti, ada hubungan yang positif dan
signifikan (3) ada hubungan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu . Hal ini terbukti dari hasil nilai Fhitung (8,047) > Ftabel (3,072) dan taraf signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar.</description><date>2015</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/1/HALAMANDEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/11/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/13/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/15/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Hidayati, Eny (2015) Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210100138</relation><recordID>32968</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Hidayati, Eny |
title |
Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu
Tahun Ajaran 2014/2015 |
publishDate |
2015 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/32968/1/HALAMANDEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/3/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/4/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/11/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/13/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/15/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/32968/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar, (2) hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar, dan (3) hubungan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 190 siswa dengan sampel
sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) ada
hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu nilai (0,276) > (0,176) dan taraf Sig. < 0,05 yaitu 0,002. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan (2) ada hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu nilai (0,275,) > (0,176) dan taraf sig. < 0,05 yaitu 0,002. Berarti, ada hubungan yang positif dan
signifikan (3) ada hubungan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu . Hal ini terbukti dari hasil nilai Fhitung (8,047) > Ftabel (3,072) dan taraf signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar. |
id |
IOS2728.32968 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:52:03Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:52:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810915897245696 |
score |
17.538404 |