Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015

Main Author: Hidayati, Eny
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/32968/1/HALAMANDEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/11/BAB%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/13/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/
ctrlnum 32968
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/32968/</relation><title>Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu&#xD; Tahun Ajaran 2014/2015</title><creator>Hidayati, Eny</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar, (2) hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar, dan (3) hubungan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar.&#xD; Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 190 siswa dengan sampel&#xD; sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) ada&#xD; hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu nilai (0,276) &gt; (0,176) dan taraf Sig. &lt; 0,05 yaitu 0,002. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan (2) ada hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu nilai (0,275,) &gt; (0,176) dan taraf sig. &lt; 0,05 yaitu 0,002. Berarti, ada hubungan yang positif dan&#xD; signifikan (3) ada hubungan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu . Hal ini terbukti dari hasil nilai Fhitung (8,047) &gt; Ftabel (3,072) dan taraf signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,001. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar.</description><date>2015</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/1/HALAMANDEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/11/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/13/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/15/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/32968/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Hidayati, Eny (2015) Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210100138</relation><recordID>32968</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hidayati, Eny
title Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015
publishDate 2015
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/32968/1/HALAMANDEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/11/BAB%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/13/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32968/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar, (2) hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar, dan (3) hubungan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 190 siswa dengan sampel sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu nilai (0,276) > (0,176) dan taraf Sig. < 0,05 yaitu 0,002. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan (2) ada hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu nilai (0,275,) > (0,176) dan taraf sig. < 0,05 yaitu 0,002. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan (3) ada hubungan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu . Hal ini terbukti dari hasil nilai Fhitung (8,047) > Ftabel (3,072) dan taraf signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar.
id IOS2728.32968
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:52:03Z
last_indexed 2016-09-22T02:52:03Z
recordtype dc
_version_ 1765810915897245696
score 17.538404