Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya pengaruh hasil belajar setelah penerapan metode belajar tuntas pada siswa kelas V SD Negeri Wironanggan 01 Gatak Sukoharjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Wironanggan 01 Tahun 2014/2015. Tehnik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu -8,95 > 2,042 dengan nilai rata-rata hasil post test lebih besar dari pada pree test, yaitu 74,68 > 62,5. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Metode belajar tuntas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Wironanggan 01 Gatak Sukoharjo.