Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Example Non Example Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri Singopuran 2 Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Prabowo, Maulana Agung |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/32918/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32918/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/32918/3/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/32918/4/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/32918/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/32918/6/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/32918/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/32918/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32918/12/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/32918/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui strategi Example Non Example pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Singopuran 2. Penelitian ini yang menjadi subjek penerima tindakan siswa kelas V SD Negeri Singopuran 2 yang berjumlah 26 siswa, subjek pelaku tindakan adalah guru kelas V dan peneliti. Obyek penelitian adalah motivasi belajar dengan menggunakan strategi Example Non Example. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validasi dengan cara triangulasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa kelas V, dapat dilihat dari motivasi belajar siswa yang terdapat empat indikator. Tekun menghadapi tugas sebelum tindakan sebesar 38% dan meningkat pada siklus II sebesar 85%. Ulet menghadapi kesulitan sebelum tindakan sebesar 35% dan meningkat pada siklus II sebesar 85%. Selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin sebelum tindakan sebesar 46% dan meningkat pada siklus II sebesar 88%. Senang, rajin belajar dan penuh semangat sebelum tindakan sebesar 38% dan meningkat pada siklus II sebesar 92%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Example Non Example dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Singopuran 2 Tahun Ajaran 2014/2015.