Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap kemandirian belajar anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Kecamatan Karangpandan Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh anak Taman Kanak- Kanak Aisyiyah Kecamatan Karangpandan yang berjumlah 128 anak. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara peran orang tua terhadap kemandirian belajar anak, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai terhitung = 4,437 > t tabel (n-k = 30-2) = 2,368 dengan nilai p-value = 0,000 < 0,05. Jadi peran orang tua memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar anak, sehingga apabila peran orang tua meningkat maka dapat meningkatkan kemandirian belajar anak.