Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Learning Cycle Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Filial Pulutan Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Hasiyati, Rafiāah Emmi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/32801/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32801/4/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/32801/5/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/32801/6/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/32801/7/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/32801/8/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/32801/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/32801/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32801/22/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/32801/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa selama pembelajaran metematika pada siswa kelas VII B MTs Negeri Filial Pulutan semester genap melalui strategi pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B MTs Negeri Filial Pulutan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar matematika yang dapat dilihat dari: 1) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 12,5%, siklus I 33,3%, dan siklus II 66,6%, 2) siswa enyelesaiakan soal latihan sebelum tindakan 16,6%, siklus I 37,5%, dan siklus II 70,8%, 3) keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan 8,3%, siklus I 20,8%, dan siklus II 45,8% 4) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 8,3%, siklus I 29,1%, dan siklus II 62,5%. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika.