Studi Komparasi Penerapan Strategi Index Card Match dan Bermain Jawaban Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III SDIT Hidayah Ngawen Tahun 2014/2015
Main Author: | Yusrina, Husna |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/32796/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32796/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/32796/3/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/32796/9/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/32796/11/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/32796/12/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/32796/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/32796/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32796/15/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/32796/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adakah perbedaan pengaruh antara penerapan strategi Index Card Match dan Bermain Jawaban terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDIT Hidayah Ngawen tahun 2014/2015, (2) manakah yang lebih besar pengaruhnya antara penerapan strategi Index Card Match dan strategi Bermain Jawaban terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDIT Hidayah Ngawen tahun 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SDIT Hidayah Ngawen tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang terlebih dahulu dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,272 > 2,012 dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas IIIA lebih besar dibandingkan kelas IIIB, yaitu 82,61 > 75. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara penerapan strategi Index Card Match dan Bermain Jawaban terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDIT Hidayah Ngawen tahun 2014/2015, (2) strategi Index Card Match lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan strategi Bermain Jawaban terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDIT Hidayah Ngawen tahun 2014/2015.