Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Sub Tema Peristiwa-Peristiwa Penting Melalui Metode Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/ 2015

Main Author: CAHYANING TYAS, NUR INDAH
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/32602/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32602/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32602/4/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32602/6/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32602/8/BAB%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32602/9/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32602/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32602/12/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32602/14/NASKAH%20PUBLIKASI%20INDAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32602/
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Sub Tema Peristiwa – Peristiwa Penting Melalui Metode Numbered Heads Together (NGT) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis Penelitian Ini Adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Yang Terdiri Dari Dua Siklus, Dimana Setiap Siklus Dilaksanakan Dalam Dua Kali Pertemuan. Subjek Penelitian Yang Dikenai Tindakan Adalah Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sendangharjo Yang Berjumlah 16 Siswa, Subjek Pelaku Tindakan Yaitu Peneliti Yang Bertindak Sebagai Guru. Objek Penelitian Ini Yaitu Pembelajaran Sub Tema Peristiwa – Peristiwa Penting Melalui Metode Numbered Head Together (NHT). Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan: Observasi, Wawancara, Tes Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Deskriptif Kualitatif Yang Meliputi Tahap Pengumpulan Data, Tahap Reduksi Data, Tahap Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Adanya Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Yang Dapat Dilihat Dari Peningkatan Nilai Rata-Rata Dan Prosentase Ketuntasan Pada Setiap Siklusnya. Pada Kondisi Awal Sebelum Dilaksanakan Tindakan Prosentase Ketuntasan Sebesar 23%, Siklus I Prosentase Ketuntasan Sebesar 34%. Pada Siklus II Dengan Prosentase Ketuntasan Sebesar 74% .Selain Itu, Keterampilan Guru Dan Aktivitas Siswa Yang Diamati Dalam Lembar Observasi Juga Mengalami Peningkatan. Kesimpulan Penelitian Ini Adalah Bahwa Media Pembelajaran Numered Heads Together (NHT) Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Sub Tema – Tema Peristiwa Penting Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015.