Studi Kasus Anak Hiperaktif dan Usaha Guru Dalam Memusatkan Perhatian Belajar Siswa di MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015
Main Author: | Haryantiningsih, Rina |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/32593/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32593/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/32593/3/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/32593/4/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/32593/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/32593/6/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/32593/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/32593/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32593/21/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/32593/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku hiperaktif pada siswa MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015. (2) menunjukkan usaha - usaha yang dilakukan guru dalam memusatkan perhatian belajar siswa di MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan desain peneliannya adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa hiperaktif di MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Faktor yang mempengaruhi perilaku hiperaktif pada siswa MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015 yaitu : dikarenakan anak mengalami kelainan pada otak, perlakuan orangtua di rumah, faktor lingkungan dan teman sebaya. (2) Usaha - usaha yang dilakukan guru dalam memusatkan perhatian belajar siswa hiperaktif di MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015 yakni: dalam bentuk bimbingan klasikal melalui pemberian hadiah, pujian, menciptakan suasana belajar menyenangkan dalam bentuk permainan, tidak memberikan waktu luang kepada siswa untuk asyik sendiri, mengembangkan sikap sosial, serta dalam bentuk individu atau konseling meliputi memberikan perhatian khusus, menasihati dengan pelan, menempatkan siswa pada posisi duduk paling depan, membina komunikasi, melakukan pendekatan serta menggunakan kalimat efektif.