Daftar Isi:
  • Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Subtema : Jenis-Jenis Pekerjaan Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas Iv Sdn 3 Sembungharjo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun 2014/2015. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Sdn 3 Sembungharjo Yang Berada Di Dusun Getas Desa Sembungharjo. Jenis Penelitian Ini Adalah Ptk (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek Penerima Tindakan Adalah Siswa Kelas Iv Sdn 3 Sembungharjo Yanh Berjumlah Sebanyak 26 Siswa. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Tes, Observasi Dan Dokumentasi. Data Aktivitas Siswa Diambil Dari Pengamatan Langsung Selama Proses Pembelajaran. Hasil Penelitian Menunjukkan Rata-Rata Kemampuan Kerjasama Siswa Sebelum Diterapkan Metode Inkuiri Adalah 35,28%. Pada Siklus I Setelah Diterapkan Metode Inkuiri Meningkat Menjadi 62,18% Dan Siklus Ii Meningkat Menjadi 87,5%. Dari Siklus I Dan Siklus Ii Ada Peningkatan Kemampuan Kerjasama Siswa Rata-Rata Sebesar 25,32%. Kesimpulan Penelitian Ini Adalah Terdapat Peningkatan Kemampuan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Tematik : Jenis-Jenis Pekerjaan Melalui Metode Inkuiri Kesimpulan Hasil Penelitian Adalahpenerapan Metode Inkuiri Dapat Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas Iv Sd N 3 Sembungharjo Dalam Pembelajaran Tematik : Jenis-Jenis Pekerjaan.