Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Ditinjau Dari Persepsi Pengguna Di Rsu Pku Muhammadiyah Bantul
Main Author: | UTAMI, SARTIKA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/32429/2/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32429/6/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/32429/7/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/32429/9/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/32429/10/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/32429/17/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/32429/18/BAB%20VI.pdf http://eprints.ums.ac.id/32429/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/32429/23/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/32429/26/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/32429/ |
Daftar Isi:
- Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul mengimplementasikan sistem informasi manajemen sejak tahun 1998. Adanya perbedaan antara output dan data yang dimasukkan terutama pada jumlah kematian kasus rawat inap menjadikan informasi tidak akurat. Permasalahan serupa yaitu kelengkapan output SIMRS yang belum bisa menampilkan data Bed Occupancy Ratio (BOR), Lenght of Stay (LOS), Turn Over Interval (TOI), Bed Turn Over (BTO) Net Death Rate (NDR) dan Gross Death Rate (GDR). Tujuan penelitian ini yaitu melakukan evaluasi Kinerja Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di RSU PKU Muhammadiyah Bantul ditinjau dari persepsi pengguna dengan menggunakan indikator Performance, Information, Control, Efficiency, dan Service. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sejumlah 60 responden. Pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja SIMRS secara keseluruhan dinilai cukup oleh kelompok jabatan farmasi, keuangan, laboratorium, perawat, radiologi, sekretariat. Kinerja SIMRS dinilai kurang oleh jabatan farmasi dan perekam medik.