Implementasi Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Kolaborasi Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Siswa Kelas VIIA1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 2 Tahun Ajaran 2014/2015

Main Author: YANTI, Devita Damai
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/32359/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32359/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32359/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32359/5/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32359/12/BAB%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32359/13/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32359/14/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32359/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32359/17/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/32359/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar melalui implementasi strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here kolaborasi Make a Match pada siswa kelas VIIA1 MTs N Surakarta 2. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan data kualitatif yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA1 di MTs N Surakarta 2 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 35%. Sedangkan dari hasil implementasi strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here kolaborasi Make a Match pada siklus I prosentase keaktifan siswa meningkat sebesar 52,8% siklus II mengalami peningkatan 82,3%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here kolaborasi Make a Match dapat meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIIA1 MTs N Surakarta 2 tahun ajaran 2014/2015.