Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan berbahasa melalui metode bermain peran pada anak didik . Dengan jenis penelitian PTK(Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi 1 Dawung Kecamat Jenar Kabupaten Sragen Tahun ajaran 2014/2015.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif kualitatif dengan dua siklus, yang setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertyemuan dengan anak didik.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kemampuan berbahasa anak melalui metode bermainperan, yakni sebelum tindakan 40%, siklus I mencapai 64% dan siklus II mencapai 80% atau lebih. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bermain Peran Pada anak Didik.