Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan logika matematika anak melalui permainan ular tangga. Dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Pertiwi III Karanganyar, kecamatan Sambung macan, kabupaten Sragen Tahun 2014/2015. Penelitian ini bersifat kolaboratif, antara peneliti, guru kelas, dan Kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan. Tehnik analisis data pada peneitian ini dilakukan secara analisis deskriptif kualitatif dengan dua siklus, yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan dengan anak didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kecerdasan logika matematika pada anak yakni sebelum tindakan 31, 75%, siklus I pertemuan I mencapai 40,65%, siklus I pertemuan II mencapai 59,9%, dan pada siklus II pertemuan I mencapai 70,45%, siklus II pertemuan II mencapai 92,3%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Upaya Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Dapat Ditingkatkan Melalui Permainan Ular tangga.