Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui penggunaan media kartu kata pada anak kelompok B TK Teladan PPI Sragen. Jenis Penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa kemampuan berbahasa anak yang diambil melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B dan Guru TK Teladan PPI Sragen. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui media Kartu kata. Peningkatan tersebut yaitu pada prasiklus sebesar 40,56% , pada siklus I mencapai 63,06% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 22,50 % . pada siklus II rata-rata pencapaian anak sebesar 83,61% dengan peningkatan sebesar 20.55%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media Kartu kata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Teladan PPI Sragen Tahun Ajaran 2014 / 2015