Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kartu Angka Bergambar Pada Anak Kelompok B Semester Gasal TK Persada 2 Japoh Desa Japoh Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun 2014/2015

Main Author: Kartini, Kartini
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/31855/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31855/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31855/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31855/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31855/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31855/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31855/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31855/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31855/9/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31855/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui media kartu angka bergambar. Dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Persada 2 Japoh, Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif kualitatif dengan dua siklus, yang setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan dengan anak didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kemampuan berhitung permulaan anak melalui media kartu angka bergambar, yakni sebelum tindakan 40%, siklus I mencapai 65% dan siklus II mencapai 85%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu upaya mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui media kartu angka bergambar pada anak kelompok B TK Persada 2 Japoh, Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015.