Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru sejawat yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: metode TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Dibuktikan dengan hasil observasi data rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I keaktifan belajar siswa sebesar 72,94%, sedangkan pada siklus II keaktifan belajar siswa menjadi 87,12%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014.