Upaya Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Melalui Media Audio Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 1 Sambi Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Wagiyanti, Wagiyanti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/31817/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/31817/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/31817/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/31817/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/31817/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/31817/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/31817/12/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/31817/14/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/31817/15/Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/31817/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi melalui media audio pada anak didik kelompok B TK Pertiwi 1 Sambi Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B, TK Pertiwi 1 Sambi Sambirejo Sragen, tahun ajaran 2014/2015, yang terdiri dari 13 anak didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan deskriptif interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bernyanyi dengan media audio. Kemampuan bernyanyi anak pada prasiklus mencapai 32,45%, pada siklus I meningkat menjadi 61,06% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus II yaitu 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media audio dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi pada anak kelompok B TK Pertiwi 1 Sambi Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2014/2015.