Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui metode jarimatika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas. Obyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B TK Tunas Harapan 1 Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Tahun 2014/2015. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti sendiri berkolaborasi dengan guru kelas. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berhitung permulaan anak dan pembelajaran melalui metode Jarimatika. Data kemampuan berhitung permulaan dan data pembelajaran di kumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif dan kritis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak sebelum tindakan adalah 30% dengan status perkembangan mulai berkembang, setelah dilakukan pembelajaran melalui metode Jarimatika pada Siklus I kemampuan berhitung permulaan anak meningkat menjadi 65% yang berarti status perkembangannya berada pada tahap berkembang sesuai harapan. Pada Siklus II kemampuan berhitung permulaan anak meningkat menjadi 87% yang berarti pekembangannya berada pada tahap berkembang sangat pesat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode Jarimatika dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak pada Kelompok B TK Tunas Harapan 1 Bendo Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Tahun 2014/2015.