Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Main Author: | Putri, Afi Amalia |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/31794/1/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/31794/2/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31794/3/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/31794/6/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/31794/7/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/31794/8/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/31794/10/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/31794/11/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/31794/13/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31794/ |
Daftar Isi:
- Abstraksi : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara selfregulated learning dengan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara self-regulated learning dengan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UMS. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling,dikarenakan populasi terdiri dari sejumlah strata atau sub-sub kelompok, yang berpontensi membawa perbedaan pada variabel yang sedang diamati. Sample penelitian terdiri dari angkatan 2011-2013 yang berjumlah 88 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala self-regulated learning dan skala kemampuan pemecahan masalah. Metode analisis data menggunakan analisis Product Moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi rxy = 0,841, dengan sig = 0,000; (p ≤ 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara self-regulated learning dengan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sumbangan efektif (SE) self-regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 70,7% ditunjukkan oleh koefisien determinasi (r2) sebesar 0,707. Self-regulated learning pada subjek penelitian tergolong tinggi, ditunjukkan dengan rerata empirik (RE) = 101,34 dan rerata hipotetik (RH) = 70. Kemampuan pemecahan masalah pada subjek penelitian tergolong tinggi, ditunjukkan dengan rerata empirik (RE) = 108,15 dan rerata hipotetik (RH) = 78.