Hubungan Antara Aqidah-Akhlak Dengan Kesejahteraan Siswa Di Sekolah
Main Author: | ULFATUL LAILI, TINA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/31793/1/03._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/31793/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/31793/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/31793/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/31793/5/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/31793/6/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/31793/8/09._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/31793/11/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31793/12/02._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/31793/ |
Daftar Isi:
- Sekolah yang baik adalah sekolah yang diharapkan mampu memberikan pengalaman terbaik bagi siswa sehingga membuat siswa-siswanya merasa sejahtera (well-being) karena kesejahteraan siswa (student well-being) mempengaruhi hampir seluruh aspek bagi optimalisasi fungsi siswa di sekolah. Tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aqidah akhlak dengan kesejahteraan siswa di sekolah. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan posirif antara aqidah akhlak dengan kesejahteraan siswa di sekolah. Subyek penelitian adalah siswa siswi SMP di Surakarta kelas VIII E & F dan IX E & G berjumlah 87. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dengan menggunakan program bantu SPSS 19,0 For Windows Program. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,425; p = 0,000 (p <0,05) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara akidah akhlak dengan kesejahteraan siswa di sekolah. Tingkat akidah akhlak tergolong tinggi sebesar 163,45 dan tingkat kesejahteraan siswa di sekolah tergolong tinggi sebesar 49,57. Sumbangan efektif antara variabel aqidah akhlak dengan kesejahteraan siswa di sekolah sebesar 18%, yang berarti masih terdapat 82% faktor lain yang mempengaruhi kesejahteraan siswa di sekolah seperti harga diri, kontrol diri, pendidikan, tujuan hidup, relasi sosial.