ctrlnum 31735
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/31735/</relation><title>Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving (Penelitian PTK Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo)&#xD; </title><creator>NUGROHO , KARTIKO DWI </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep&#xD; belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran Problem Solving pada&#xD; siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Jenis&#xD; penelitian adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai penelitian&#xD; ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo, yang berjumlah&#xD; 32 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode&#xD; observasi, catatan lapangan, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik&#xD; analisi data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur meliputi&#xD; pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data&#xD; dilakukan dengan observasi secara terus-menerus, triangulasi sumber dan&#xD; metode. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah adanya peningkatan&#xD; pemahaman konsep belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari&#xD; meningkatnya indikator pemahaman konsep belajar siswa meliputi: 1) siswa&#xD; yang dapat mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah (18,75%),&#xD; pada siklus I meningkat menjadi 28,13%, dan pada siklus II meningkat&#xD; menjadi 46,88%, 2) siswa yang memberi tanggapan tentang jawaban siswa&#xD; lain (21,88%), pada siklus I meningkat menjadi 34,38%, dan pada siklus II&#xD; meningkat menjadi 53,13%, 3) siswa yang percaya terhadap kemampuan&#xD; sendiri (12,5%), pada siklus I meningkat menjadi 25,00%, dan pada siklus II&#xD; meningkat menjadi 43,75%, 4) siswa yang dapat membuat kesimpulan&#xD; (28,13%, pada siklus I meningkat menjadi 43,75%, dan pada siklus II&#xD; meningkat menjadi 65,63%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan&#xD; metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan pemahaman&#xD; konsep belajar matematika siswa.&#xD; </description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/9/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/12/Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> NUGROHO , KARTIKO DWI (2014) Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving (Penelitian PTK Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090165</relation><recordID>31735</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author NUGROHO , KARTIKO DWI
title Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving (Penelitian PTK Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo)
publishDate 2014
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/31735/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31735/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31735/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31735/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31735/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31735/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31735/9/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31735/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31735/12/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31735/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo, yang berjumlah 32 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode observasi, catatan lapangan, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisi data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus-menerus, triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah adanya peningkatan pemahaman konsep belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator pemahaman konsep belajar siswa meliputi: 1) siswa yang dapat mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah (18,75%), pada siklus I meningkat menjadi 28,13%, dan pada siklus II meningkat menjadi 46,88%, 2) siswa yang memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain (21,88%), pada siklus I meningkat menjadi 34,38%, dan pada siklus II meningkat menjadi 53,13%, 3) siswa yang percaya terhadap kemampuan sendiri (12,5%), pada siklus I meningkat menjadi 25,00%, dan pada siklus II meningkat menjadi 43,75%, 4) siswa yang dapat membuat kesimpulan (28,13%, pada siklus I meningkat menjadi 43,75%, dan pada siklus II meningkat menjadi 65,63%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa.
id IOS2728.31735
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:51:10Z
last_indexed 2016-09-22T02:51:11Z
recordtype dc
_version_ 1765810908880175104
score 17.538404