Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving (Penelitian PTK Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo)
Main Author: | NUGROHO , KARTIKO DWI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/31735/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/9/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/12/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/ |
ctrlnum |
31735 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/31735/</relation><title>Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving (Penelitian PTK Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo)
</title><creator>NUGROHO , KARTIKO DWI </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep
belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran Problem Solving pada
siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Jenis
penelitian adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai penelitian
ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo, yang berjumlah
32 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode
observasi, catatan lapangan, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik
analisi data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur meliputi
pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data
dilakukan dengan observasi secara terus-menerus, triangulasi sumber dan
metode. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah adanya peningkatan
pemahaman konsep belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari
meningkatnya indikator pemahaman konsep belajar siswa meliputi: 1) siswa
yang dapat mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah (18,75%),
pada siklus I meningkat menjadi 28,13%, dan pada siklus II meningkat
menjadi 46,88%, 2) siswa yang memberi tanggapan tentang jawaban siswa
lain (21,88%), pada siklus I meningkat menjadi 34,38%, dan pada siklus II
meningkat menjadi 53,13%, 3) siswa yang percaya terhadap kemampuan
sendiri (12,5%), pada siklus I meningkat menjadi 25,00%, dan pada siklus II
meningkat menjadi 43,75%, 4) siswa yang dapat membuat kesimpulan
(28,13%, pada siklus I meningkat menjadi 43,75%, dan pada siklus II
meningkat menjadi 65,63%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan
metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan pemahaman
konsep belajar matematika siswa.
</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/9/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31735/12/Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> NUGROHO , KARTIKO DWI (2014) Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving (Penelitian PTK Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090165</relation><recordID>31735</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
NUGROHO , KARTIKO DWI |
title |
Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving (Penelitian PTK Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo) |
publishDate |
2014 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/31735/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/9/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/12/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/31735/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep
belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran Problem Solving pada
siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Jenis
penelitian adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai penelitian
ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo, yang berjumlah
32 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode
observasi, catatan lapangan, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik
analisi data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur meliputi
pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data
dilakukan dengan observasi secara terus-menerus, triangulasi sumber dan
metode. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah adanya peningkatan
pemahaman konsep belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari
meningkatnya indikator pemahaman konsep belajar siswa meliputi: 1) siswa
yang dapat mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah (18,75%),
pada siklus I meningkat menjadi 28,13%, dan pada siklus II meningkat
menjadi 46,88%, 2) siswa yang memberi tanggapan tentang jawaban siswa
lain (21,88%), pada siklus I meningkat menjadi 34,38%, dan pada siklus II
meningkat menjadi 53,13%, 3) siswa yang percaya terhadap kemampuan
sendiri (12,5%), pada siklus I meningkat menjadi 25,00%, dan pada siklus II
meningkat menjadi 43,75%, 4) siswa yang dapat membuat kesimpulan
(28,13%, pada siklus I meningkat menjadi 43,75%, dan pada siklus II
meningkat menjadi 65,63%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan
metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan pemahaman
konsep belajar matematika siswa.
|
id |
IOS2728.31735 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:51:10Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:51:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810908880175104 |
score |
17.538404 |