Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIIIB semester genap KMI Ta’mirul Islam Surakarta. Secara khusus, mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIIIB semester genap KMI Ta’mirul Islam Surakarta dengan PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika dengan PBL. Kegiatan penelitian tindakan merupakan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi terhadap tindakan. Peningkatan kemandirian belajar matematika dilihat dari data berikut: a) siswa yang mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab belajar dari 3 siswa (10%), pada siklus pertama 11 siswa (36,67%) dan pada siklus kedua 21 siswa (70%), b) siswa yang mampu mengatasi masalah dari 4 siswa (13,33%) pada siklus pertama 9 siswa (30%) dan pada siklus kedua 19 siswa (63,33%), c) siswa yang percaya pada kemampuan belajar diri sendiri dari 5 siswa (16,67%), pada siklus pertama 12 siswa (40%) dan pada siklus kedua 18 siswa (60%), d) siswa yang mampu mengatur cara belajarnya sendiri dari 3 siswa (10%) pada siklus pertama 10 siswa (33,33%) dan pada siklus kedua 23 siswa (76,67%).