Implementasi Pembelajaran Scientific Dengan Strategi Group Investigation Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Surakarta 1 Semster Gasal Tahun Ajaran 2013/2014)

Main Author: LESTARI , DWI SRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/31690/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31690/2/04_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31690/3/05_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31690/4/06_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31690/8/07_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31690/9/08_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31690/10/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31690/11/10_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31690/14/02_naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31690/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas matematika bagi siswa kelas VIIE Semester Gasal MTs Negeri Surakarta 1 melalui implementasi pendekatan scientific dengan strategi group investigation dalam pembelajaran matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIE Semester Gasal MTs Negeri Surakarta 1 tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 38 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode alur, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kreativitas. Hal ini dilihat dari indikator (a) siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah dari kondidi awal 7,89%, siklus I 36,84%, siklus II 71,05%, (a) siswa memiliki kemampuan memperkaya penyelesaian masalah dengan berbagai alternatif jawaban dari kondisi awal 5,26%, siklus I 36,84%, siklus II 76,32%, (c) siswa mempunyai rasa ingin tahu dari kondisi awal 10,52%, siklus I 39,47%, siklus II 78,95%, (d) siswa mempunyai kemampuan mengerjakan soal yang diberikan oleh guru dari kondisi awal 10,52%, siklus I 44,74%, siklus II 81,58%.