Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Dalam Kehidupan Santri Di Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Muhammadiyah Desa Lemah Gunung Kecamatan Kota Kabupaten Kudus Tahun 2014)

Main Author: PRADANA , FANI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/31600/1/3._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31600/4/4._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31600/6/5._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31600/7/6._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31600/11/7._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31600/13/8._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31600/17/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31600/18/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31600/20/2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31600/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi nilai-nilai pancasila sila kemanusiaan yang adil dan beradab dalam kehidupan santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus. Penelitian ini menggunakan sumber data direktur pondok, ustadz/ustadzah, musrif/musrifah, dan santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus. Teknik pngumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi atau pencatatan arsip. Untuk validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan trianggulasi teknik. Metode penelitian ini, yaitu menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk memebandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pondok pesantren telah melaksanakan nilai-nilai pancasila sila kemanusiaan yang adil dan beradab dalam setiap program kegiatan, seperti: 1) Tidak membedakan santri kaya dan miskin, 2) Adanya pengakuan terhadap harkat dan martabat manusia bahwa dalam menentukan kamar dibedakan santri putra dan putri, 3) Adanya pemberian hukuman bagi santri yang melanggar dan pemberian hadiah pada santri yang taat/berprestasi, 4) Adanya kegiatan untuk meningkatkan Toleransi, Gotong royong, Hormat-menghormati, Nasionalisme, Keadilan, dan Demokrasi.