Kreativitas Belajar Siswa Ditinjau Dari Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Santoso, Fuat Agus |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/31595/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31595/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/31595/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/31595/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/31595/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/31595/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/31595/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/31595/10/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/31595/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31595/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap kreativitas belajar 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap kreativitas belajar3) pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap kreativitas belajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 240 siswa dengan sampel 142 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data diperoleh melalui metode angket. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis diperoleh persamaan : Y = 29,256 + 0,456X1 + 0,503X2 yang artinya lingkungan keluarga dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa. Kesimpulannya adalah: 1) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 3,302> 1,977 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,001.2) Fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 4,018> 1,977 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,000, 3) Lingkungan keluarga dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 17,508> 3,061 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,000, 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 42% dan sumbangan efektif sebesar 8,442%, variabel X2 memberikan sumbangan relatifsebesar 58% dansumbangan efektif sebesar 11,658%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,201, berarti 20,1% Lingkungan keluarga dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa, sisanya sebesar 79,9% dipengaruhi variabel di luar penelitian.