Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan pengelolaan pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi point-counterpoint di SMA Muhammadiyah 3 surakarta. Secara rinci tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu: Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran ekonomi yang di laksanakan oleh guru, mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan yang di kembangkan melalui strategi pembelajaran point-counterpoint, mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi pembelajaran point-counterpoint di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta kelas X pada mata pelajaran ekonomi, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Studi dokumentasi, koesioner, observasi partisipatif, wawancara, tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji liliefors kolmogorov-smirnov pada program SPSS 17.0 For Windows. Hasil penelitian ini, 1) Pengelolaan pembelajaran ekonomi yang dilaksanakan oleh guru dilakukan dengan 3 komponen, yaitu: perencanaa, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi point-counterpoint yaitu: pemanfaatan lingkungan dengan strategi point-counterpoint dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa lebih mudah menyerap materi pelajaran. 3) Evektifitas pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi point-counterpoint yaitu: pembelajaran ini tidak bersifat mendoktrinasi siswa akan tetapi dapat meningkatkan keefektifan proses pembelajaran.