Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT) Dan Tipe Think Talk Write ( TTW ) Ditinjau Dari Minat Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD N I Pengkok Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014

Main Author: Anggraeni, Viana Teti
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/31375/1/3._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31375/2/4._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31375/4/5._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31375/5/6._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31375/6/7._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31375/7/8._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31375/9/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31375/11/10._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31375/13/2._naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31375/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) kontribusi strategi pembelajaran terhadap hasil belajar; 2) kontribusi tingkat minat belajar terhadap hasil belajar; 3) kontribusi tingkat komunikasi terhadap hasil belajar; 4) interaksi strategi pembelajaran, tingkat minat dan komunikasi terhadap hasil belajar.Jenis penelitian eksperimen semu dengan non equivalent comparison- group design. Sampelnya siswa kelas V SD Negeri I Pengkok terdiri dari dua kelas untuk dikenai perlakuan dengan TGT kelas VA dan TTW kelas VB. Instrumen penelitian angket minat belajar dan tes komunikasi matematika. Uji keseimbangan awal dengan statistik uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Data dianalisis menggunakan uji varian tiga jalan dengan taraf signifikansi 5% dan ditindak lanjuti dengan analisis secara scheffe test untuk pengujian dua arah.Hasil penelitian 1) siswa yang diajar dengan TGT hasil belajarnya lebih tinggi; 2) siswa yang meiliki minat tinggi hasil belajarnya lebih tinggi; 3) siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematika tinggi hasil belajarnya tinggi; 4) siswa yang diajar dengan TGT hasil belajarnya tinggi apabila siswa memiliki minat tinggi dan kemampuan komunikasi tinggi hasil belajarnya tinggi.