Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Berbasis Kinect
Main Author: | MASHUDA, ARY |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/31326/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/14/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/ |
ctrlnum |
31326 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/31326/</relation><title>Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Berbasis Kinect
</title><creator>MASHUDA, ARY </creator><subject>QA76 Computer software</subject><description>Anak tunagrahita memiliki kemampuan intelektual di bawah rata-rata yang mengakibatkan mereka kesulitan dalam menerima pelajaran, termasuk pelajaran Matematika yang didalamnya terdapat materi pengenalan angka. Dibutuhkan suatu media interaktif yang dapat membuat suasana di kelas menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk membuat sebuah game edukasi pengenalan angka berbasis Kinect. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah game edukasi pengenalan angka berbasis Kinect yang menarik dan interaktif yang dapat membantu anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam belajar mengenal angka.
Game ini dibuat menggunakan Unity3D sebagai game engine dan software pendukung seperti 3DS Max, Adobe Audition 3.0 dan Bandicam. Pengujian game dilakukan di SLB-C YPSLB Surakarta dihadapan murid kelas 1 SD yang berjumlah 8 dan didampingi oleh 3 guru. Kemudian 3 guru tersebut memberikan penilaian melalui kuesioner. Sesuai dengan hasil pengumpulan data melalui wawancara, materi pengenalan angka yang ada di game ini adalah berisi pengenalan angka 1-5, sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah ini.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah telah dibuat aplikasi game edukasi pengenalan angka untuk anak tunagrahita berbasis Kinect dengan baik yang dibuktikan dengan semua responden menyatakan sangat setuju bahwa game edukasi ini menarik, interaktif dan mendidik yang dapat membantu anak tunagrahita belajar mengenal angka.
</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31326/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31326/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31326/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31326/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31326/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31326/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31326/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31326/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/31326/14/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf</identifier><identifier> MASHUDA, ARY (2014) Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Berbasis Kinect. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>L200100079</relation><recordID>31326</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
MASHUDA, ARY |
title |
Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Berbasis Kinect |
publishDate |
2014 |
topic |
QA76 Computer software |
url |
http://eprints.ums.ac.id/31326/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/14/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/31326/ |
contents |
Anak tunagrahita memiliki kemampuan intelektual di bawah rata-rata yang mengakibatkan mereka kesulitan dalam menerima pelajaran, termasuk pelajaran Matematika yang didalamnya terdapat materi pengenalan angka. Dibutuhkan suatu media interaktif yang dapat membuat suasana di kelas menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk membuat sebuah game edukasi pengenalan angka berbasis Kinect. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah game edukasi pengenalan angka berbasis Kinect yang menarik dan interaktif yang dapat membantu anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam belajar mengenal angka.
Game ini dibuat menggunakan Unity3D sebagai game engine dan software pendukung seperti 3DS Max, Adobe Audition 3.0 dan Bandicam. Pengujian game dilakukan di SLB-C YPSLB Surakarta dihadapan murid kelas 1 SD yang berjumlah 8 dan didampingi oleh 3 guru. Kemudian 3 guru tersebut memberikan penilaian melalui kuesioner. Sesuai dengan hasil pengumpulan data melalui wawancara, materi pengenalan angka yang ada di game ini adalah berisi pengenalan angka 1-5, sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah ini.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah telah dibuat aplikasi game edukasi pengenalan angka untuk anak tunagrahita berbasis Kinect dengan baik yang dibuktikan dengan semua responden menyatakan sangat setuju bahwa game edukasi ini menarik, interaktif dan mendidik yang dapat membantu anak tunagrahita belajar mengenal angka.
|
id |
IOS2728.31326 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:50:51Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:50:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810906362544128 |
score |
17.538404 |