Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kecerdasan naturalis anak kelompok B di RA Al Hikmah Paninggaran Pekalongan tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini penelitian eksperimen true experimental desings yaitu prettets-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah anak RA Al Hikmah Paninggaran. Siswa kelompok B 38 siswa sebagai kelompok eksperimen. Siswa kelompok A 27 anak sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ttest menggunakan SPSS 16.0 for windows. Skor rata-rata observasi awal kecerdasan naturalis anak kelompok eksperimen (Mean=16,87 SD=1,83). Hasil skor rata-rata-rata observasi awal kecerdasan naturalis anak kelompok kontrol (Mean=16,22 SD=1,761). Skor rata-rata observasi akhir kecerdasan naturalis anak kelompok eksperimen (Mean=20,24 SD=1,715). Skor rata-rata observasi akhir kecerdasan naturalis anak kelompok kontrol (Mean=16,25 SD=1,767). Hasil analisis data kelompok eksperimen menggunakan ttest memperoleh -thitung ≤ ttabel yaitu -7,406 ≤ -1,687 dengan probabilitas 0,000 < =0,05 maka hipotesis nol ditolak yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kecerdasan naturalis anak kelompok B di RA Al Hikmah Paninggaran Pekalongan tahun ajaran 2013/2014.