Peningkatan Kemampuan Penalaran Mmatematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Scientific Pada Pokok Bahasan Segiempat (PTK Pada siswa kelas VIIB semester Genap SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2013/2014)

Main Author: Marfuah, Siti Azar
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/31132/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31132/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31132/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31132/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31132/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31132/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31132/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31132/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31132/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/31132/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segiempat melalui strategipembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sambi yang berjumlah 32 siswa. Siswa sebagai subjek yang menerima tindakan sedangkan guru sebagai subjek yang melaksanakan tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa dilihat dari indikator-indikator (1) melakukan manipulasi matematika sebelum tindakan 31,25% dan diakhir tindakan 68,75%, (2) melakukan operasi hitung dengan benar sebelum tindakan 25% dan diakhir tindakan 75%, dan (3) menarik kesimpulan sebelum tindakan 25% dan diakhir tindakan 62,5%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategipembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika.