Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini ada dua. (1) Mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa bidang morfologi pada karangan siswa kelas VII Mts Muhammadiyah 1 Weleri Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Mendeskripsikan pemilihan kata yang tepat (diksi) kesalahan berbahasa bidang morfologi pada karangan siswa kelas VII Mts Muhammadiyah 1 Weleri Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik penelitian ini mengunakan teknik simak digunakan untuk menyimak penggunaan bahasa, kemudian menggunakan teknik catat untuk mencatat data-data yang penting untuk dianalisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada kesalahan-kesalahan berbahasa yang terdapat pada karangan narasi siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Weleri. Kesalahan-kesalahan itu antara lain: (1) Analisis kesalahan berbahasa pada karangan narasi siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Weleri terdapat 9 macam kesalahan bidang morfologi yaitu: Kesalahan Mengganti Prefiks ter- dengan Prefiks ke-, Kesalahan Menghilangkan Perfiks ter-, Kesalahan Penghilangan Prefiks ber-, Kesalahan Penulisan Sufiks –nya, Kesalahan dalam Penghilangan Prefiks meN-, Kesalahan Penulisan Prefiks meN- dengan –in, Kesalahan Penulisan kata depan, dan Kesalahan Pleonasme. (2) Wujud kesalahan berbahasa pada karangan narasi siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Weleri terdapat kesalahan karena pemilihan kata yang kurang tepat.