Implementasi Metode One Day Two Ayat Pada Pembelajaran TaḤfizhul Qur`An Di Pesantren Al-Burhan Semarang (Studi Kasus Kelas X Tahun Pelajaran 2013/2014)
Main Author: | Mahfudin, Ali |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/30830/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30830/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/30830/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/30830/4/BAB_III_.pdf http://eprints.ums.ac.id/30830/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/30830/6/BAB_V_.pdf http://eprints.ums.ac.id/30830/7/BAB_VI.pdf http://eprints.ums.ac.id/30830/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/30830/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30830/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/30830/ |
Daftar Isi:
- Dewasa ini pembelajaran menghafal al-Qur’an (Taḥfizhul Qur`an) sudah menjadi suatu mata pelajaran khusus disuatu lembaga pendidikan baik pesantren maupun sekolah, oleh karena itu butuh suatu pembeda, suatu yang lain agar pembelajaran itu tidak terasa membosankan. Salah satu cara agar tidak mudah merasa membosankan yaitu perlu adanya terobosan-terobosan metode pembelajaran. Menyikapi yang demikian, pesantren al-Burhan sudah mempunyai terobosan baru dalam pelaksanaan pembelajaran Taḥfizhul Qur`an yaitu dengan menerapkan metode menghafal one day two ayat pada pembelajaran Taḥfizh. Berbekal latar belakang di atas peneliti mencoba meneliti Metode One Day Two Ayat pada Pembelajaran Taḥfizhul Qur`an di Pesantren al-Burhan Semarang. Adapun permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini ialah : (1) Bagaimanakah implementasi metode one day two ayat pada pembelajaran Taḥfizhul Qur`an di Pesantren al-Burhan Semarang? (2) Apa saja kendala yang menghambat pelaksanaan metode one day two ayat pada pembelajaran Taḥfizhul Qur`an?. Sedang tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan tata cara pelaksanaan metode one day two ayat pada pembelajaran Taḥfizhul Qur`an di Pesantren al-Burhan Semarang (2) Untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan metode one day two ayat pada pembelajaran Taḥfizhul Qur`an. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research) karena data yang diambil langsung dari lapangan dengan metode penulisan deskriptif kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang dipakai ialah wawancara untuk mengetahui tata cara pelaksanaan metode one day two ayat, observasi untuk mengetahui kondisi lapangan pesantren al-Burhan, dokumentasi untuk memperoleh data tentang profil Pesantren al-Burhan. Metode analisis yang diambil adalah analisis deskriptif kualitatifda analisis induktif. Dari hasil penelitian ini, menunjukan bahwa dalam pelaksanaannya metode one day two ayat sanggat didukung oleh metode yang lain, seperti metode talqin, talaqqi, mu`aradhah, dan muraja`ah. Adapun kendala-kendala yang menghambat pelaksanaan metode berasal dari (1) faktor internal santri, (2) faktor eksternal santri, adapun kendala eksternal ini disebabkan oleh (a) masalah Ustadz/Ustadzah dan (b) dan lingkungan.