Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah siswa membutuhkan motivasi intrinsic dalam belajar, serta peran seorang guru yang harus memenuhi kompetensi. Penelitian mengambil kompetensi guru yang merupakan kemampuan, keahlian, dan keterampilan yang dimiliki oleh setiap guru dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru harus menguasai beberapa kompetensi yang harus dimiliki antara lain kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian ,dan kompetensi sosial . Dalam hal memotivasi, guru harus memiliki kemampuan untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana kompetensi guru dalam memotivasi siswa dan meningkatkan nilai-nilai ibadah? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswa dan meningkatkan nilainilai ibadah di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. 2) untuk mendeskripsikan upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi dan meningkatkan nilai-nilai ibadah di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun Ajaran 2013/2014,dan 3) Untuk mengetahui Bagaimana hasil yang dicapai oleh guru PAI dalam memotivasi dan meningkatkan nilai-nilai Ibadah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan sifat penelitian ini bersifat kualitatif, metode penentuan subyek menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis yang dipakai menggunakan analisis data. Dalam proses analisis data subyek menempuh beberapa langkah yaitu: pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hal ini membuktikan bahwa guru di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta sudah mencakup semua kompetensi yang disebutkan di Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kualitas dalam pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta sudah cukup baik. Dalam pembelajaran, guru PAI juga memberikan pengarahan kepada siswasiswi yaitu memberikan dorongan/ motivasi semangat dalam belajar di kelas. Dalam hal ini sangat berpengaruh terhadap nilai prestasi siswa dan dorongan untuk mengikuti belajar di kelas.