Tingkat Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun 2014
Main Author: | NUGROHO, SASONGKO PUTRO |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/30593/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30593/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/30593/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/30593/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/30593/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/30593/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/30593/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/30593/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30593/13/Jurnal_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/30593/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat kesiapsiagaan siswa terhadap bencana gempabumi Variabel yang digunakan adalah kesiapsiagaan siswa terhadap bencana gempabumi dan Materi pembelajaran gempabumi yang diperlukan siswa berdasarkan hasil kesiapsiagaan siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 64 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian tentang tingkat kesiapsiagaan gempabumi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta masuk ke dalam kategori “Siap” berdasarkan indeks gabungan kesiapsiagaan sebesar 70%, dan materi pembelajaran gempabumi yang diajarkan kepada siswa kelas VII berdasarkan wawancara terhadap guru IPS Terpadu menyatakan bahwa materi gempabumi yang diajarkan kepada siswa kelas VII meliputi Pengertian bencana gempabumi secara umum, dampak dari bencana gempa bumi, dan cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi saat di sekolah. Materi pembelajaran gempabumi yang perlu ditambahkan berdasarkan hasil parameter kesiapsiagaan yang kurang, yaitu parameter rencana tanggap darurat dan parameter sistem peringatan dini. Kurikulum 2013 dapat disisipi materi pembelajaran gempabumi secara tematik dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tertentu yang relevan.