Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki dua tujuan. (1) Mendeskripsikan wujud tindak tutur direktif di kalangan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di SMP Negeri I Jatisrono Kabupaten Wonogiri. (2) Menganalisis strategi tindak tutur direktif di kalangan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di SMP Negeri I Jatisrono Kabupaten Wonogiri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode padan. Hasil penelitian menemukan (1) wujud tindak tutur direktif yang direalisasikan menjadi enam kategori, yaitu: a) memerintah, b) meminta, c) mengajak, d) memberi nasihat, e) mengkritik, dan f) melarang. (2) Strategi tindak tutur direktif dalam penelitian ini cenderung menggunakan strategi tindak tutur langsung. Dari 65 tindak tutur ditemukan 44 tuturan strategi langsung, sedangkan strategi tindak tutur tidak langsung ditemukan 13 modus kalimat berita dan 8 modus kalimat tanya.