Penerapan Metode Diskusi Kelompok Dengan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan Terhadap Hasil Belajar Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: Mawarti, Gading Mega
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/30563/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30563/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30563/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30563/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30563/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30563/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30563/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30563/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30563/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30563/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi kelompok dengan media audio visual dalam pembelajaran biologi bahasan sistem pencernaan makanan terhadap hasil belajar kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB di SMP Muhammadiyah 1 Sragen yang berjumlah 64 siswa. Sampel penelitian yang digunakan yaitu 32 siswa kelas VIIIA dan 32 siswa kelas VIIIB Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan paired t test . Hasil uji-t memperoleh nilai t hitung sebesar 2,081 > 2,04 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,046 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan yang signifikan metode konvensional dan metode diskusi kelompok dengan media audiovisual dalam pembelajaran biologi pokok bahasan sistem pencernaan makanan terhadap hasil belajar kelas VIII SMP Muhammadiyah Sragen. Apabila dilihat dari angka rerata metode konvensional sebesar 52,82 dan rerata metode diskusi kelompok dengan media audiovisual sebesar 58,75 ini menunjukkan bahwa metode konvensional dan metode diskusi dengan media audio visual lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Peningkatan dari metode konvensional yaitu 3,36% dan peningkatan dari metode diskusi kelompok dengan media audiovisual yaitu 9,94%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan metode konvensional dengan metode diskusi kelompok dengan media audio visual dalam pembelajaran Biologi pokok bahasan sistem pencernaan makanan terhadap hasil belajar kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sragen Tahun ajaran 2013/2014.