Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar pada IPA antara strategi TGT (Teams Games Tournament) dan strategi Snowball Throwing pada siswa kelas III SD Al Firdaus Surakarta Tahun 2013/2014. 2) Untuk membandingkan manakah strategi yang lebih baik antara strategi TGT (Teams Games Tournament) dan strategi Snowball Throwing terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas III SD Al Firdaus Surakarta Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Al Firdaus Surakarta sebanyak 3 kelas yang berjumlah 90 siswa. Sampel diambil 60 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 2,64 > 2,000 diterima pada taraf signifikansi 5%.hasil analisis tersebut menunjukkan “Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan strategi TGT (Team Games Tournament) dan strategi Snowball Throwing pada siswa kelas III SD Al Firdaus Surakarta tahun 2013/2014” dapat diterima. Hasil belajar IPA yang diajarkan dengan strategi Snowball Throwing lebih tinggi dari pada yang menggunakan strategi TGT (Teams Games Tournament) yaitu 89,17 > 81,67.