Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan praanggapan yang muncul pada slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februari 2014 dan menganalisis makna pada praanggapan slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februari 2014. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Objek yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah praanggapan pada slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februari 2014. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis berupa kata-kata atau slogan iklan kendaraan pada wacana yang berupa praanggapan pada slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februari 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi data. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih. Hasil penelitian dalam penelitian ini menegaskan bahwa dari 60 data slogan iklan diperoleh 100 praanggapan yang terdiri dari lima jenis praanggapan. Sesuai data yang di analisis praanggapan pada slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februari 2014 ditemukan 9 data praanggapan eksistensial, 61 data praanggapan faktif, 20 data praanggapan leksikal, 9 data praanggapan struktural, dan 1 data praanggapan konterfaktual. Dari kelima jenis praanggapan yang paling sering muncul dalam slogan iklan “Kendaraan” harian surat kabar Solopos edisi November 2013 – Februari 2014 yaitu praanggapan faktif. Hal ini disebabkan karena informasi yang ditampilkan dalam slogan iklan “Kendaraan” merupakan informasi yang marak diberitakan oleh media, sehingga masyarakat akan cenderung tahu bahwa apa yang disampaikan adalah kebenaran.