Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Discovery Learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang telah memberlakukan kurikulum 2013 di SMP N 2 Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus tindakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan menerapkan model analisis interaktif yang tahapannya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Keabsahaan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi data dan sumber data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 siswa merasa nyaman dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat Penjabaran proses pencapaian konsep dengan metode ini dilakukan melalui empat tahap, yaitu sebagai berikut: data dikemukakan kepada siswa, siswa menganalisis metode untuk mendapatkan konsep-konsep, siswa menganalisis metode untuk mendapatkan konsep-konsep, siswa mengaplikasikan konsep.