Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Tentang Kemauan Membayar Pajak ( Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta
Main Author: | Jalair, Ardiyanti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/30377/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30377/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/30377/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/30377/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/30377/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/30377/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/30377/7/d.daftar_pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/30377/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30377/9/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/30377/ |
Daftar Isi:
- Kurang dari 2/3 penerimaan Negara bersumber dari Pajak. Oleh sebab itu kesadaran akan peraturan perpajakan sangat penting, karena pajak berguna sebagai pembiayaan pembangunan Negara. Tujuan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara kesadaran terhadap kemauan membayar pajak, ada pengaruh pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan terhadap kemauan membayar pajak, ada pengaruh antara persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan terhadap kemauan membayar pajak, ada pengaruh antara pelayanan fiskus terhadap kemauan membayar pajak. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta dan masih tergolong wajib pajak efektif sedangkan sampel menggunakan 100 responden di dapat menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling yaitu secara bebas tanpa menentukan status, atau keadaan dari responden sehingga menjadikan peneliti lebih mudah dalam pengambilan sampel. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh variabel kesadaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan membayar pajak, variabel pengetahuan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan membayar pajak, variabel persepsi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan membayar pajak dan variabel pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Sedangkan analisis uji F diperoleh Fhitung (20,344) lebih besar dari Ftabel (2,76) dan nilai signifikansi = 0,000 < = 0,05, sehingga variabel kesadaran, pengetahuan, persepsi dan pelayanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kemauan membayar pajak. Dan koefisiendeterminasidengan adjusted-R2 model 1 sebesar 0,439 Hal iniberartibahwa43,9% variasi variable kinerja unit satuankerjadapatdijelaskanolehvariabel kesadaran, pengetahuan, persepsi dan pelayanan, sedangkansisanyayaitu56,1% dijelaskanolehfaktor-faktor lain diluar model yang diteliti.