Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Sriwedari Di Stasiun Solo Balapan Jurusan Solo-Yogyakarta (Studi Kasus pada Penumpang Kereta Api di Stasiun Solo Balapan)
Main Author: | MUSIROH , MUSIROH |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/30233/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30233/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/30233/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/30233/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/30233/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/30233/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/30233/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/30233/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30233/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/30233/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Sriwedari di Stasiun Solo Balapan. Sampel dalam penelitian ini adalah penumpang Kereta Api Sriwedari di Stasiun Solo Balapan.. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Convenience Sampling. Dari metode tersebut, maka sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji t, Uji F, dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis menunjukkan bahwa signifikansi variabel tangibles (X1) 0,009, signifikansi variabel responsive (X3) 0,001, signifikansi variabel assurance (X4) 0,000, signifikansi variabel empathy (X5) 0,017, yang artinya bahwa variabel tangibles, responsive, assurance, dan empathy berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan penumpang. Sedangkan signifikansi variabel Reliability (X2) 0,240, yang artinya bahwa variabel Reliability tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan penumpang. Hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung = 31,676 dengan signifikansi 0,000, yang artinya bahwa variabel tangibles, reliability, responsive, assurance, dan empathy berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan penumpang. Hasil penelitian menunjukkan 60,8% variasi variabel kepuasan penumpang dapat dijelaskan oleh variabel tangibles, reliability, responsive, assurance, dan empathy. Sedangkan sisanya 39,2% variasi variabel kepuasan penumpang dijelaskan oleh faktor lain diluar model.