Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain menggambar dekoratif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Obyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Aisyiyah 1 kecamatan Sukodono kabupaten Sragen tahun 2013/2014. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti sendiri berkolaborasi dengan guru kelas. Obyek penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak dan pembelajaran melalui bermain menggambar dekoratif . Data kemampuan motorik halus anak dan data pembelajaran guru dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan . Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif dan interaktif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rat rata kemampuan motorik halus anak sebelum tindakan adalah 30 % dengan status perkembangan mulai berkembang , setelah dilakukan pembelajaran melalui kegiatan bermain menggambar dekoratif .Pada siklus 1 kemampuan motorik halus anak meningkat menjadi 65 % yang berarti status perkembangannya berada pada tahap berkembang sesuai harapan . Pada siklus II kemampuan motorik halus anak meningkat menjadi 87 % yang berarti perkembangannya berada pada tahap berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan bermain menggambar dekoratif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B TK Aisyiyah1 kecamatan Sukodono kabupaten Sragen tahun 2013/2014.