Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung melalui bermain kartu angka pada anak didik kelompok B TK Pertiwi II Sine Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B, TK Pertiwi II SineSragen, tahun ajaran 2013/2014, yang terdiri dari 20 anak didik.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dan analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi pengembangan kemampuan berhitung dengan bermain kartu angka. Pada pra siklus dari 20 anak yang kemampuan berhitungnyaberkembang sesuai harapan (BSH) baru 2 anak dengan rata-ratapersentase mencapai 37,34%,pada siklus I meningkat menjadi 15 anak dengan rata-rata persentasemeningkat menjadi68,13% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus II yaitu menjadi 20 anak dengan persentase rata-rata sebesar 87,97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan bermain kartu angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Pertiwi II SineSragen Tahun Ajaran 2013/2014.