Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dengan kegiatan bermain balok di TK Pertiwi I Nglorog Sragen tahun ajaran 2013/2014. Subyek pelaksanaan tindakan ini adalah anak kelompok B di TK Pertiwi I Nglorog Sragen, yang berjumlah 15 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain balok. Kemampuan kognitif anak pada pra siklus mencapai 40% (MB) anak mulai berkembang, siklus pertama meningkat 60% (BSH) anak berkembang sesuai harapan dan siklus kedua menjadi 81% (BSB) anak berkembang sangat baik, selain itu. Dengan demikian, dapat terbukti bahwa penerapan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Pertiwi I Nglorog Sragen Tahun 2013/2014.