Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok a di taman kanak-kanak aisyiyah cabang kartasura tahun pelajaran 2013/2014
Main Author: | RAKHMAWATI, PRADYNDA NOVITA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/30175/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/ |
ctrlnum |
30175 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/30175/</relation><title>Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok a di taman kanak-kanak aisyiyah cabang kartasura tahun pelajaran 2013/2014</title><creator>RAKHMAWATI, PRADYNDA NOVITA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui
bercerita dengan boneka tangan kelompok A di TK Aisyiyah Cabang Kartasura, Tahun
Pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok A TK Aisyiyah
Cabang Kartasura yang berjumlah 23 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi.
Observasi adalah mengamati peningkatan perkembangan bahasa anak mulai dari sebelum
tindakan, pada saat proses kegiatan pembelajaran setelah ada tindakan, hingga pada akhir
proses kegiatan pembelajaran. Dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat
kegiatan meningkatkan perkembangan bahasa anak. Analisis data yang digunakan adalah
analisis komperatif yaitu perbandingan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan skor
maksimum yang telah ditentukan melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap
siklus tindakan peningkatan perkembangan bahasa anak melalui bercerita dengan boneka
tangan diperoleh hasil prasiklus pada sebelum dilakukan tindakan 25%, siklus I mencapai
60,89%, Siklus II mencapai 73,51%, Siklus III mencapai 87,08%. Dengan demikian upaya
meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok A TK Aisyiyah Cabang Kartasura
Tahun Pelajaran 2013/2014 dikatakan berhasil karena hasil pada siklus III mencapai 87,08%
melebihi prosentase keberhasilan yaitu 85%.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/30175/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/30175/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/30175/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/30175/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/30175/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/30175/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/30175/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/30175/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/30175/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> RAKHMAWATI, PRADYNDA NOVITA (2014) Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok a di taman kanak-kanak aisyiyah cabang kartasura tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520100041</relation><recordID>30175</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
RAKHMAWATI, PRADYNDA NOVITA |
title |
Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok a di taman kanak-kanak aisyiyah cabang kartasura tahun pelajaran 2013/2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/30175/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/30175/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui
bercerita dengan boneka tangan kelompok A di TK Aisyiyah Cabang Kartasura, Tahun
Pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok A TK Aisyiyah
Cabang Kartasura yang berjumlah 23 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi.
Observasi adalah mengamati peningkatan perkembangan bahasa anak mulai dari sebelum
tindakan, pada saat proses kegiatan pembelajaran setelah ada tindakan, hingga pada akhir
proses kegiatan pembelajaran. Dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat
kegiatan meningkatkan perkembangan bahasa anak. Analisis data yang digunakan adalah
analisis komperatif yaitu perbandingan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan skor
maksimum yang telah ditentukan melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap
siklus tindakan peningkatan perkembangan bahasa anak melalui bercerita dengan boneka
tangan diperoleh hasil prasiklus pada sebelum dilakukan tindakan 25%, siklus I mencapai
60,89%, Siklus II mencapai 73,51%, Siklus III mencapai 87,08%. Dengan demikian upaya
meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok A TK Aisyiyah Cabang Kartasura
Tahun Pelajaran 2013/2014 dikatakan berhasil karena hasil pada siklus III mencapai 87,08%
melebihi prosentase keberhasilan yaitu 85%. |
id |
IOS2728.30175 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:50:14Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:50:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810899418873856 |
score |
17.538404 |