Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Bermain Feeling Band Pada Anak Kelompok B TK Pilangsari 1 Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran
Main Author: | Sari, Diana Permata |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/30154/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30154/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/30154/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/30154/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/30154/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/30154/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/30154/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/30154/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30154/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/30154/ |
Daftar Isi:
- Kecerdasan emosional anak di TK Pilangsari 1 Gesi rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Untuk mengatasinya peneliti mengimplementasikan metode bermain Feeling Band. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak melalui bermain feeling band. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari “perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting)". Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak dan guru TK Pilangsari 1 Gesi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosional melalui metode bermain feeling band. Berdasarkan hasil penelitian tindakan diketahui bahwa terjadi peningkatan kecerdasan emosional dengan penerapan metode bermain feeling band. "Pada siklus I peningkatan mencapai 13,15% dan diperoleh rata-rata penilaian anak dalam peningkatan kecerdasan emosional sebesar 56,05%" Pada siklus II peningkatan mencapai 22,10% dan diperoleh rata-rata penilaian sebesar 78,15%". Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil peningkatan kecerdasan emosional anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 42,89%, Siklus I mencapai 56,05%, Siklus II mencapai 78,15%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain feeling band dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak Kelompok B yang dilakukan di TK Pilangsari 1 Gesi Sragen.