Hubungan Antara Aktivitas Siswa Di Organisasi Sekolah Dan Kemampuan Komunikasi Siswa Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Hasanah, Umi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/30114/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30114/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/30114/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/30114/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/30114/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/30114/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/30114/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/30114/20/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/30114/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/30114/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara aktivitas siswa di organisasi sekolah dan kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Sampel penelitian 80 siswa kelas XI anggota organisasi di sekolah, dipilih dengan teknik purpusive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner/angket dan dokumentasi. Validitas kuesioner dengan korelasi product moment. Reliabilitas kuesioner dengan KR-20. Uji hipotesis data, analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara aktivitas siswa di organisasi sekolah dan kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal itu berdasarkan hasil analisis, koedisien korelasi ganda (R) = 0,337, koefisien determinasi (R2) = 0,114. Koefisien aktivitas siswa di organisasi sekolah = - 0,082 berarti terdapat hubungan negatif antara aktivitas siswa di organisasi siswa dan prestasi belajar matematika siswa. Koefisien kemampuan komunikasi siswa = 0,327 berarti terdapat hubungan positif signifikan antara kemampuan komunikasi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. Aktivitas siswa di organisasi sekolah memberi sumbangan relatif – 0,9% dan sumbangan efektif – 0,1%. Kemampuan komunikasi siswa memberi sumbangan relatif sebesar 11,4% dan sumbangan efektif 100%. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan aktivitas siswa di organisasi sekolah dan kemampuan komunikasi siswa berhubungan signifikan dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014.